[ RISTEK DAY ]

[ RISTEK DAY ]


1504919184555

[RISTEK DAY]

Komponen Elektronik dari Daun Gugur
Pada musim gugur di China Utara, daun-daun pohon phoenix yang berguguran sangat berlimpah. Daun-daun ini biasanya kemudian dibakar di musim dingin, sehingga turut memperparah masalah polusi udara di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Namun, para peneliti dari Qilu University of Technology yang dikepalai Hongfang Ma menemukan cara memanfaatkan limbah organik ini untuk membuat alat-alat elektronik berteknologi tinggi, sepeeti yang dilaporkan oleh Journal of Renewable and Sustainable Energy terbitan AIP Publishing.

Para peneliti menggunakan proses yang sederhana untuk mengubah daun-daun tersebut ke dalam bentuk yang bisa dimanfaatkan menjadi elektroda. Pertama, dedaunan digiling hingga menjadi bubuk, kemudian dipanaskan hingga 220 derajat celcius selama 12 jam. Hasilnya adalah bubuk yang terdiri dari butiran mikrosfer karbon.

Bubik ini kemudian diberi perlakuan menggunakan larutan kalium hidroksida dan dipanaskan secara bertahap dari 450 hingga 800 derajat celcius. Hasil akhirnya adalah bubuk mikrosfer karbon yang berpori, sehingga luas permukaannya menjadi lebih besar dan menghasilkan sifat-sifat elektrik yang luar biasa.

Dari hasil pengujian, didapat bahwa material ini mampu menjadi kapasitor yang sangat baik, bahkan termasuk golongan superkapasitor, dengan nilai kapasitansi spesifik 367 Farad/gram. Kapasitor adalah komponen elektrik yang berfungsi sebagai penyimpan daya. Superkapasitor biasanya mampu menyimpan daya sebesar 10 hingga 100 kali lebih besar daripada kapasitor biasa, sehingga memiliki potensi besar untuk diaplikasikan di masa depan. Sifat superkapasitatif ini muncul karena struktur berpori halus pada bubuk mikrosfer karbon memfasilitasi kontak antara ion elektrolit dan permukaan butiran karbon sekaligus membanti transfer dan difusi ion pada permukaan karbon.
Sumber: https://www.sciencedaily.com/releases/2017/08/170829113813.htm