[RISTEK DAY] Pembersih Udara dan Penghasil Bahan Bakar Dalam 1 Alat

[RISTEK DAY] Pembersih Udara dan Penghasil Bahan Bakar Dalam 1 Alat

Polusi udara dan ketersediaan energi merupakan dua masalah yang dihadapi oleh masyarakat modern saat ini. Para peneliti dari seluruh dunia berusaha mencari solusi untuk kedua permasalahan tersebut, namun saat ini masalah tersebut nampaknya bakal segera terpecahkan, karena para peneliti dari Universitas Antwerp dan Universitas Leuven, Belgia berhasil mengembangkan alat yang mampu memurnikan udara dari polusi sekaligus menghasilkan energi.

170508083219_1_540x360

Alat ini memiliki 2 ruangan yang dipisahkan oleh membran yang mengandung bahan katalis khusus yang mampu mengurai polusi udara dan menghasilkan gas hidrogen. Pada 2 ruangan tersebut, salah satu ruangan memurnikan udara, sedangkan ruangan lainnya menghasilkan gas hidrogen yang berasal dari produk penguraian polusi udara pada ruangan pemurnian udara. Gas hidrogen ini selanjutnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Proses ini menggunakan teknologi yang mirip dengan panel surya, sehingga proses ini membutuhkan sinar matahari. Perbedaannya adalah alat ini tidak menghasilkan energi listrik secara langsung, melainkan disimpan sebagai gas hidrogen.

Kunci dari cara kerja alat ini adalah membran pemisah yang mengandung nanomaterial khusus yang mampu mengurai polusi udara dan menghasilkan gas hidrogen. Sebelumnya, nanomaterial ini digunakan untuk mengekstrak hidrogen dari air. Kemudian, para peneliti menemukan bahwa nanomaterial ini juga dapat bekerja, bahkan lebih efisien, dengan udara yang tercemar.

Saat ini, proses yang dikembangkan hanya berskala beberapa sentimeter persegi. Tahap selanjutnya adalah memperbesar skala prosesnya sehingga mampu diterapkan dalam industri, serta memperbaiki material yang digunakan supaya mampu memanfaatkan sinar matahari secara lebih efisien

Sumber : https://www.sciencedaily.com/releases/2017/05/170508083219.htm dengan pengubahan