Profil HMM

STRUKTUR KEPENGURUSAN:

VISI:

Mewujudkan Himpunan Mahasiswa Mesin sebagai penyalur aspirasi dan bakat bagi seluruh anggota HMM dengan menjunjung tinggi profesionalitas dan nilai-nilai kekeluargaan untuk HMM yang aktif, inovatif, dan prestatif.

MISI:

  1. Membangun solidaritas kepengurusan bersama warga HMM.
  2. Menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi dalam kegiatan HMM sesuai dengan landasan kegiatan HMM.
  3. Menerapkan sistem kerja yang profesional, sistematis, dan terpantau dengan baik.
  4. Menerapkan fungsi HMM yang aktif, kreatif, inovatif, dan bersinergi.
  5. Mempererat kominkasi dengan Departemen Teknik Mesin dan warga HMM serta organisasi dan lembaga eksternal.

Bidang-Bidang

Bidang 1
Kaderisasi

Fungsi dari Bidang I (Kaderisasi) adalah membentuk kader-kader Mesin yang berkompeten, loyal, berintegritas, aktif dan prestatif. Dengan kinerja Bidang I yang optimal diharapkan mampu membentuk penerus kepengurusan atau sumber daya manusia di HMM yang unggul dan berkarakter. Bidang 1 juga bertugas melakukan pendataan, pengawasan dan pembinaan bagi anggota HMM yang berkontribusi di organisasi luar HMM agar tetap berkomitmen dan menjaga nama baik HMM.

 

Bidang 2
Penelitian,Penalaran dan Keilmuan

Fungsi Bidang II adalah memberdayakan mahasiswa agar mampu menginterpretasikan keilmuannya. Tujuannya adalah meningkatkan dan mengembangkan wacana ilmiah, keprofesionalitasan dan akademik pada warga HMM. Bidang penalaran sendiri dalam tugasnya yaitu mengadakan berbagai kegiatan bernuansa akademik dan keprofesian sebagai upaya peningkatan kemampuan akademik dan profesi warga HMM. HMM juga mendukung upaya perkembangan ilmiah melalui program dan fasilitas di bidang penelitian, penalaran dan keilmuan. Serta HMM juga menyalurkan potensi-potensi ilmiah dalam wadah club yang ada di HMM.

Bidang 3
Minat, Bakat dan Kegemaran

Fungsi Bidang III adalah sebagai wadah dan penyalur minat dan bakat baik di bidang seni maupun olahraga dari warga HMM sehingga membentuk kepribadian anggota HMM yang sportif  dan kompepetif. Selain itu bidang III juga  memantau dan memberikan fasilitas (Club) kepada anggota HMM dalam minat, bakat dan kegemaran serta mengkoordinasikannya untuk mendorong prestasi anggota HMM.

Bidang 4
Keorganisasian dan Kesejahteraan Mahasiswa

Fungsi Bidang IV

adalah mengkoordinasikan dan memfasilitasi segala bentuk informasi dengan bidang bahkan lembaga lain dalam kegiatan keorganisasian serta mampu menunjang akademik anggota HMM dengan membangun jaringan beasiswa sehingga informasi beasiswa mampu tersalurkan dengan baik. Bidang 4 juga mengupayakan peran serta anggota Himpunan dalam pengambilan kebijakan Departemen Teknik Mesin yang berhubungan dengan akademik dan kemahasiswaan. Menjaga hubungan  dan mempererat hubungan dengan alumni dan seluruh warga Himpunan. Bidang 4 juga mengadakan diskusi interaktif yang menambah wawasan anggota dan calon anggota HMM.

Bidang 5
Kepedulian Sosial

Fungsi Bidang V adalah berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial masyarakat dimana mampu menerapkan peran mahasiswa sebagai social control, moral force, dan pengabdian masyarakat serta mengamalkan poin ketiga dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Bidang 5 mengupayakan pengumpulan dana sosial dan kegiatan-kegiatan sosial yang mengajak anggota himpunan untuk mengamalkan ilmu ilmiah, akademis bahkan kepedulian sosial yang bermanfaat bagi lingkungan kampus serta masyarakat.

Bidang 6
Ekonomi dan Bisnis

Fungsi Bidang VI adalah menjadi penggerak dalam hal finansial untuk menunjang kegiatan serta kemandirian HMM. Selain itu bidang VI juga memiliki peran menumbuhkan  jiwa kewirausahaan kepada anggota HMM dengan mengadakan kegiatan yang bersifat kewirausahaan

Bidang 7
Program Kreativitas Mahasiswa

Fungsi Bidang VII adalah sebagai penggerak dalam Riset dan Teknologi kepada anggota HMM serta memantau dan mengevaluasi iklim riset pada anggota HMM. Harapannya bidang ini mampu mensinergiskan kegiatan riset dan akademik sebagai penerapan disiplin ilmu yang telah mahasiswa Mesin dapatkan. Bidang 7 juga diharapkan mampu membentuk kader riset melalui kaderisasi riset yang berjenjang sehingga pengembangan kader lebih optimal baik dalam Program Kreativitas Mahasiswa dan karya tulis ilmiah.